Senin, 17 November 2008

Kisah Lemon Creme Cake


Coba-coba resep jadi hobby saya akhir-akhir ini, terutama resep cake atau dessert dan snack. Mungkin karena waktu pembuatan yang tidak terlalu lama, bahan-bahannya juga ringkas dan gak terlalu mengotori tangan, maksudnya gak ribet dibanding bikin sayur yang bumbunya harus di-uleg-uleg dsb. Urusan bikin lauk main course saya prefer menyerahkan resepnya ke Mbak Yati atau Puji untuk kemudian diolah hahaha.... perempuan malas.

Selain itu sambutan rekan-rekan seruangan di kantor atas resep hasil uji coba cukup menyenangkan [siapa yang gak senang dibawain penganan buat sarapan dan cemilan? :D], sehingga memotivasi saya untuk terus coba-coba. Kalau di rumah kan komentar si ayah hanya "hmmm enak" dicuil sepotong dan gak ngambil-ngambil lagi, benar-benar hanya menghibur.

Weekend ini saya coba lagi resep Lemon Creme Cake yang gagal jadi liburan Lebaran kemarin.
Ini dia hasilnya, bikinnya memang lebih rumit dibandingkan cake lain yang pernah saya coba, karena putih telur harus dikocok terpisah dan kocokan mentega tawar yang rada berat karena pekat. Senang sih karena gak 'bantet' dan matang sempurna, sayang saya belum berhasil bikin topping frosty white chocolate yang bagus, hiasannya jadi kurang menarik ya? Padahal rasanya begitu menggoda lho....
Selain itu, meskipun rasa lemon dan cremenya begitu menyatu tapi kenapa kualitas cake-nya kurang moist dan menyatu ya? lebih tepatnya seperti adonan bolu yang 'moprol'. Padahal takaran masing-masing bahan sudah sesuai dengan yang tertera dalam resep. Apa memang itu strategi resep-resep di majalah ya....? duuh jangan su-udzon ach.

Ada yang bisa kasih solusi gak ya? rahasia kelembutan sepotong cake apa sih?

But... it's okay saya gak akan putus asa untuk mencoba merombak resep agar menghasikan kue yang seperti saya impikan. :)


-Sampai di kantor, sambutan teman-teman cukup membuat pipi saya kemerahan :p-

2 komentar:

virna medina mengatakan...

wah...boleh juga tuh mba Widya lemon creme cake-nya.
aku jg kdg suka coba2, cuma kalo yg dicoba itu cake, sering gagalnya (kecuali brownies and pumpkin cake).

blog-nya seru juga nih

Widya D. Setyawati mengatakan...

hmmm kapan2 boleh nih bikin group masak bii :D anyway thanks :)