Senin, 26 Oktober 2009

My "FC" Menu


Weekend kemarin jadwal acara padat banget. Tapi sabtu pagi saya sempatkan bikin sarapan menu pati+sayur. Resepnya saya unduh dari buku Food Combining Andang Gunawan. Sederhana, sehat dan.... actually it's really fun to do :)


Sup Pangsit Isi Sayur

Bahan:

1sdm minyak salad/zaitun [saya pakai olive oil yang saya dapat dari parcel lebaran :p]

1 siung bawang putih parut
1 sdt jahe parut
30 g jamur shitake/hioko segar, cincang halus [di rumah adanya jamur kancing segar]
125 g daun bayam, cincang kasar
2 sdm kacang mede sangrai, cincang agak kasar [saya gak pakai, karena gak ada :p]
1/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
12 lbr kulit pangsit siap pakai
1/2 sdt minyak wijen
2 btg daun bawang, iris halus [saya gak pakai, ternyata stok di kulkas habis]

Kuah:

1 l kaldu sayur [saya pakai air rebusan brokoli, waktu bikin tumis kemarin]
1 sdm kecap asin
1 sdm ang ciu [saya ganti dengan saus tiram yang halal]

Cara membuat:

- Panaskan miyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan jamur, aduk hingga layu. Tambahkan bayam, aduk hingga layu. Matikan api, masukkan kacang mede, garam, merica, aduk rata

- Bagi adonan isi menjadi 12 bagian. Taruh setiap bagian adonan isi di tengah-tengah setiap lembar kulit pangsit. Lipat segitiga dan rekatkan dengan air, ke arah belakang menjadi satu

- Kuah: didihkan kaldu, kecap asin, dan saus tiram. Masukkan pangsit, rebus hingga matang. Matikan api, bubuhi kaldu dengan minyak wijen dan taburi dengan daun bawang. Sajikan panas.


Kombinasi bayam dan jamurnya enak banget, rasa langu sayur pun hilang karena ada jahe sebagai penyegar. Hmmmm.....

Sebagai carnivora, saya sekarang menikmati mengurangi konsumsi daging dan sedikit demi sedikit menggemari sayur :p

Tidak ada komentar: